Friday, 25 January 2013 11:11   
Bongkar Ratoon Hanya Untuk Petani Kecil

Program Bongkar Ratoon Pada Tanaman Tebu Yang Pada Tahun 2013 Ditetapkan Seluas 50.000 Ha Dengan Dana Rp750 Miliar Hanya Diberikan Pada Petani Tebu Skala Kecil. ”Bantuan Bongkar Ratoon Beserta Paket Pupuk Hanya Diberikan Pada Petani Dengan Lahan Maksimal 1 Ha.”Kata Menteri Pertanian Suswono.

Bongkar Ratoon Merupakan Upaya Meningkatkan Produktivitas. Petani Diberi Bantuan Bibit, Pupuk Dan Upah Bongkar Setelah Panen 3 Kali. Dengan Cara Ini Maka Produktivitas Meningkat. Tanpa Bantuan Bongkar Ratoon Petani Memanen Lebih Dari 5 Kali Sehingga Setiap Panen Produktivitasnya Menurun.

Petani-Petani Besar Tebu Yang Menguasai Lahan Sampai Ratusan Hektar Seperti Arum Sabil, Soemitro Samadikoen, Abdul Wachid Dan Lain-Lain Sama Sekali Tidak Berhak Menerima Bantuan. Mereka Sudah Cukup Kuat Untuk Menggunakan Modal Sendiri.

Sebelumnya Mindo Sianipar, Anggota Komisi Iv Dpr-Ri Minta Anggaran Bongkar Ratoon Itu Harus Jelas Siapa Yang Menerima. Sebab Untuk Tebu Sekarang Terjadi Konsolidasi Lahan Dimana Petani Yang Sudha Kuat Menyewa Lahan Sampai Mampu Mengusahakan Ratusan Ha.

Contohnya Anggota Komisi Iv Abdul Wachid Yang Menguasai Lahan Tebu Sampai 1.000 Ha. Petani Seperti Ini Menurut Mindo Tidak Layak Menerima Bantuan.

 

 

Add comment


Security code
Refresh