Tuesday, 08 January 2013 10:01   
Perbaiki Harga Sawit dan Karet di Tahun 2013

Anggota Komisi IV DPR Habib Nabiel Almusawa meminta Pemerintah untuk bekerja keras mencari jalan keluar guna mengantisipasi terpuruknya harga minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan karet akibat tren ekonomi global yang diperkirakan masih buruk di tahun 2013. Jangan biarkan kondisi dua komoditas strategis itu sama bahkan lebih buruk dibandingkan tahun 2012.

Jutaan keluarga tani menggantungkan hidupnya dari sawit dan karet.  Mereka ini bisa sejahtera bila harga komoditas itu bagus. Tapi bisa juga sebaliknya, jatuh miskin saat harga terpuruk seperti sekarang ini.  “Jadi, bila pemerintah tidak berbuat maksimal maka sama saja dengan membiarkan kemiskinan”, ujarnya dalam keterangan tertulis mengomentari terpuruknya harga dua komoditas tersebut sepanjang tahun 2012 dan harapan perbaikan di tahun 2013.

Di tahun 2012 harga rata-rata CPO adalah 900 dollar AS per ton. Turun dari harga tahun 2011 sebesar 1.200 dollar AS per ton.  Dengan harga tersebut membuat petani pemilik sawit rakyat enggan memanen tandan sawit karena biaya produksi lebih tinggi dibandingkan harga jual. Mereka memilih membiarkan tandan sawit tetap di pohonnya.

Demikian juga dengan karet. Semula harganya mencapai 4 dollar AS per kg.  Tetapi kemudian terjun bebas ke harga 2,6 dollar AS per kg.  Meski kemudian di awal Desember kembali naik mencapai 2,9 dollar AS per kg.  Kenaikan harga itu terjadi setelah negara-negara produsen karet dunia yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand bersepakat mengurangi volume ekspor.

Menurutnya, solusi untuk memperbaiki harga kedua komoditas di tengah tren ekonomi global yang masih buruk ini sebetulnya sudah ada.  Pertama, membuat kesepakatan  bersama negara-negara produsen kedua komoditas tersebut untuk terus menaikkan harga sampai ke tingkat yang menguntungkan dengan cara mengurangi volume ekspor.

Kedua, mengusahakan agar kelebihan produksi akibat pengurangan volume ekspor tadi bisa diserap oleh pasar dalam negeri. “Buat berbagai kebijakan yang mendorong percepatan hilirisasi industri kedua komoditas tersebut.  Dan pada saat yang bersamaan,  singkirkan berbagai penghalangnya”, paparnya.

Bila kedua hal tersebut dilakukan dengan penuh kesungguhan dan kerja keras, ia optimis akan terjadi perbaikan harga ke tingkat yang menguntungkan.  “Kita punya succes story dengan kakao.  Keberhasilan hilirisasi industri kakao di dalam negeri membuat harga komoditas ini stabil di level yang cukup menguntungkan 2.400 dollar AS per  ton”, ungkapnya.

“Kalau kakao bisa, mengapa sawit dan karet tidak bisa”, pungkasnya.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

  • Teknologi
  • Kesehatan
  • Daerah
  • Budidaya

REDAKSI MEDBUN

Heri Moerdiono, Hendra J Purba, Suntoro, Ika Sriyantika, Ida Farida, Yogi Riswanto, Yuwono Ibnu Nugroho, Desi Putri Rahayu, Ema Teron, Puspa, Agus

ALAMAT REDAKSI

Kanpus Kementerian Pertanian,  Gedung C. Lt.5 Ruang 507. Jl. RM. Harsono No. 3 Ragunan Jakarta 12550 Indonesia. Telp. 021-78846587, Fax: 021-78846587, Hunting Telp: 021- 7815380 ext. 4529, E-mail: media_perkebunan@yahoo.co.id, website www.mediaperkebunan.net

Template Joomla 1.6

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.